Sejarah Singkat Arduino

Pendahuluan

Arduino pertama kali dibuat dari sebuah thesis Hernando Barragan, dari institute Ivrea. Kemudian pada tahun 2005, dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles dan diberi nama Arduin of Ivrea. Singkat cerita, nama diganti menjadi Arduino yang dalam bahasa Italia berarti teman yang berani…

Gambar. Arduino Single Layer Board

Tujuan awal dibuat Arduino adalah untuk membuat perangkat mudah digunakan dan relatif terjangkau, daripada perangkat yang ada saat itu. Perangkat Arduino ditujukan untuk para siswa yang akan membuat perangkat desain dan interaksi maupun prototype. Mulia kan visi awalnya mereka.

Gambar. Tim Arduino

Tim pengembang sekarang yaitu Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti. Para pengembang Arduino mengupayakan 4 hal dalam membuat board Arduino, yaitu:

  1. Biaya terjangkau.
  2. Dapat dijalankan diberbagai sistem operasi atau cross platform, Windows, Linux, Max, dan sebagainya.
  3. Sederhana, dengan bahasa pemograman yang mudah bisa dipelajari orang awam.
  4. Open Source, hardware maupun software.

Konsep Open Source ini membuat Arduino berkembang sangat pesat. Banyak lahir perangkat-perangkat sejenis Arduino. Seperti Freeduino dan ino-ino lainya. Ada juga dari lokal yang membuat Arduino sendiri seperti MurmerDuino yang dibuat oleh Robot Unyil,  Panjerino buatan Duwi Arsana, SFDuino dari Malang dan sebagainya.

Gambar. Freeduino

Gambar. Murmerduino

Gambar. Panjerino

Gambar. Arduino Uno R3 SMD CH340

Hingga saat ini pihak resmi Arduino, sudah membuat berbagai macam Arduino mulai dari yang kecil sampai yang besar dan kompleks. Prosesor yang digunakan mulai dari Atmel, Intel pada Arduino101 hingga ARM Cortex bahkan miniPC seperti Intel Galileo.

Arduino sudah digunakan sebanyak ratusan ribu di dunia pada tahun 2011. Jika sekarang sudah 2020 pada saat Artikel ditulis bisa dibayangkan sudah berapa juta Arduino yang sudah dipakai?

Arduino juga digunakan oleh perusahaan besar. Contohnya Google menggunakan Arduino untuk Accessory Development Kit, NASA memakai Arduino untuk prototypin, ada lagi Large Hadron Colider memakai Arduino dalam beberapa hal untuk pengumpulan data.

Penutup

Sekian dari artikel Sejarah Singkat Arduino. Sejarah ini benar-benar singkat sekali karena di artikel ini hanya ingin menambah wawasan anda saja perihal Arduino. Jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya dan belajar Arduino dengan tekun ya.

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
YOUTUBE
LINKEDIN
INSTAGRAM

Tinggalkan komentar