Upgrade Skillmu Menuju Revolusi Industri 4.0

Perkembangan otomasi industri di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Dilansir dari cekindo.com, otomasi industri di Indonesia meningkat sebesar 10 – 15% setiap tahunnya. Otomasi industri memiliki peran penting, khususnya dalam sektor ekonomi.

Otomasi industri dalam sektor ekonomi dapat meningkatkan produktivitas dan memangkas sistem kerja menjadi efektif dan efisien. Otomasi industri biasanya digunakan dalam proses dan industri manufaktur. Selain itu, otomasi industri saat ini juga dapat digunakan untuk sistem bangunan dan infrastruktur.

Dilansir dari indonesia.go.id, salah satu sektor yang diprioritaskan dalam perkembangan industri 4.0 di Indonesia yaitu elektronika. Namun, sektor elektronika saat ini masih memiliki kendala untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh kementrian perindustrian. Salah satu kendala tersebut yaitu tenaga kerja yang kurang terampil.

Penelitian dari Mutqi & Pramono (2018) menyebutkan bahwa kompetensi kerja dalam bidang otomasi industri terdiri dari aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotor. Aspek afektif dapat terdiri dari sikap kerja seperti disiplin, rajin, teliti, dsb. Kompetensi kerja dalam aspek kognitif yang dibutuhkan yaitu memiliki pengetahuan tentang peralatan mesin perkakas konvensional, pengetahuan tentang kelistrikan, pengetahuan tentang sistem otomasi dan peralatan hidrolik, pengetahuan tentang peralatan elektronika dan PLC, pengetahuan tentang peralatan pneumatic, dan pengetahuan tentang sistem SCADA. Sedangkan dalam aspek psikomotor atau keterampilan, tenaga kerja diharapkan mampu merakit peralatan dan sistem otomasi industri, memelihara peralatan dan otomasi industri, mengoperasikan peralatan dan sistem otomasi industri, mengembangkan peralatan dan sistem otomasi industri, membuat elemen mekanik sistem otomasi industri, dan merancang peralatan dan sistem otomasi industri.

Kompetensi kerja tersebut sesuai dengan SKKNI yang terdiri dari mampu mengoperasikan peralatan dan sistem yang ada, merakit peralatan dan sistem yang ada, memelihara peralatan dan sistem yang ada, mengembangkan peralatan dan sistem yang ada, membuat elemen mekanik, dan merancang peralatan dan sistem yang ada.

Mau belajar elektronika?

Sumber:

Cekindo.com. Industri Otomasi di Indonesia. Diunduh dari https://www.cekindo.com/id/sektor/otomasi pada Kamis, 3 Desember 2020 pukul 14.22

Indonesia.go.id. (2019). Kinerja Industri Elektronika Menjanjikan. Diunduh dari https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kinerja-industri-elektronika-menjanjikan pada Kamis, 3 Desember 2020 pukul 14.14

Mutqi, Etika. N. M., & Pramono, Herlambang. S. (2018). Evaluasi Kebutuhan Kompetensi Kerja Bidang Otomasi Industri untuk Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Studi Kasus di PT. Sri Rejeki Isman, TBK. Vol 8 (7).

Scroll to Top